May 27, 2011

CARA BUAT BLOGSPOT ANDA MESRA SEO

CARA BUAT BLOGSPOT ANDA MESRA SEO, seo blog tip, tips seo,
SEO untuk Blogspot atau SEO Blogger tidak bezanya seperti SEO untuk WordPress juga blogging platform lainnya. Tetapi blog wordpress, lebih baik SEO kerana ada plugin khas untuk SEO. Tetapi SEO untuk Blogspot ada beberapa kawasan penting yang harus di optimakan.

Jika anda  ingin mengoptimakan blogspotnya, tentulah kawasan penting dalam Blogspot-nya harus dioptimakan. Namun sebelumnya saya ingin tekankan, bahwa saya bukan ahli dalam hal SEO ini, semua idea buat cara trial and error.

Untuk meningkatkan traffic atau pelawat Blogspot atau Blogger anda, supaya menjadi SEO Friendly Blogspot, anda perlu tumpu dan betulkan perkara berikut:

1)    Optimakan Title Tag atau Tajuk Blog, keterangan lebih lanjut bisa langsung meluncur ke Memperbaiki Judul Halaman SEO untuk Blogspot Layout dan jika anda menggunakan Classic/klasik blogger, ia boleh terus Mengedit Judul Halaman Blogger Agar SEO Friendly.

2)    Optimakan paragraf pertama posting Blogspot anda, Google dan search engine lainnya biasanya membaca karakter dan kata-kata pada paragraf pertama, maka optimakan keyword diparagraf tersebut. Misalkan pada posting ini saya ingin optimakan kata “SEO untuk Blogspot”, seperti anda lihat diparagraf awal saya menulis 2 kalimat SEO untuk Blogspot.

3)    Optimakan Meta Deskripsi dan Meta Keyword Blogspot anda, silahkan meluncur ke : Meta Deskripsi dan Meta Keyword untuk tiap halaman Blogspot dan jika anda menggunakan Blogger klasik sila melihat ke: Meta Deskripsi dan Meta Keyword untuk Klasik Blogger.

4)    Optimakan Permalink Blogspot anda, salah satu kelemahan paling kentara blogspot ialah pendeknya space yang disediakan untuk keyword di dalam permalink (permanent link), Blogger biasanya mempersingkat permalinknya sehingga banyak kata kunci yang terpotong. Contohnya, misalkan judul posting saya terdiri dari kata kunci seperti ini,BAGAIMANA CARA BUAT BLOGSPOT ANDA MESRA SEO, , blogger tidak akan menaruh seluruh keyword dari judul posting anda kedalam permalink, melainkan memotongnya, jadinya seperti ini: http://teratakdbendang.blogspot.com/2011/05/bagaimana-cara-buat-blogspot-anda-mesra.html. Kata kunci SEO hilang kemana. Sebaiknya anda singkat dan taruhlah kata kunci yang ingin dioptimakan kedalam permalink. Tajuk Post yang sesuai ialah CARA BUAT BLOGSPOT ANDA MESRA SEO, kita padamkan BAGAIMANA. Akhirnya JADI MACAM INI http://teratakdbendang.blogspot.com/2011/05/cara-buat-blogspot-anda-mesra-seo.html

5)    Harus Pasang Google Sitemap, anda bisa langsung meluncur ke:Google sitemap untuk blogspot blogger

Jika kita mempunyai blog pada server blogger.com dan kita ingin menaruhnya pada Google webmaster. Tentu kita harus mempunyai Google sitemap, agar seluruh halaman blog kita terindeks oleh Google dengan dan dengan cepat pula dapat memberitahukan Google mengenai perubahan yang kita lakukan dan update blog kita pada Google, juga dapat memberikan ‘warning’ kepada Google agar tidak mengindeks halaman yang di maksud.

Di bawah ini saya tuliskan langkah-langkah untuk menaruh sitemap pada Google Webmaster:

  •  Anda kesini http://www.google.com/webmasters/
  •  Kemudian klik Webmaster tools (including sitemap)
  •  Kemudian anda login, isi email dan password.
  •  Masukin alamat url anda di ‘add site’ klik ok.
  •  Kemudian anda klik url anda, dan klik ’sitemap
  • Lalu anda klik ‘add sitemap’ (bagian kiri atas)”Choose type” dan masukan alamat url anda seperti ini www.namabloganda.blogspot/atom.xml (tambahkan ‘atom.xml’)
  • Kemudian klik ok.

Itulah cara mudah untuk memasukan blogger sitemap anda pada Google Webmaster..

6)    Pasang Related Topic atau Topik yang berhubungan, silahkan meluncur keCara Pasang Related Topic Di Blogger.

7)    Gunakan Read More, Fungsi ini selain memancing pengunjung untuk membaca kelanjutan posting anda juga akan menambahkan jumlah ‘Page View’ atau ‘Page Click’. Jika belum punya silahkan meluncur ke: Cara Membuat Read More Atau Post Summary Di Blogspot Blogger.

8)    Tambahkan (sebanyak mungkin) One-Way-Link atau link satu arah, silakan ke: Free Tag Direktori free one way link, atau membuat blog yang banyak kemudian arahkan linknya ke blog yang anda ingin optimakan.

9)    Pasang Social Bookmark, walaupun blogger tidak ambil berat menggunakan  social bookmark, karena mereka umumnya lebih tertarik membaca dan isi komentar. Namun tidak ada salahnya memasang button social bookmark di blog anda, untuk Digg silahkan ke Cara Pasang DIGG button di Blogger dan untuk Stumble Upon silahkan ke: Cara Pasang Button Stumble Upon di Blogger. Atau seluruh button di: Menaruh Barisan Social Bookmark Seperti Technocrati, StumbleUpon, Digg Ditiap Posting Blogger.

10)    Dan masukan Blogspot anda kebanyak direktori.

11)    Optimakan Keyword atau kata kunci dengan baik dan jelas

Berblog atau aktiviti menulis di blog bukan suatu kerja segera. Ia akan ambil masa yang panjang untuk capai matlamat blogger yang Berjaya.

Selain itu anda juga perlu lihat:
Niche blog anda. Blog yang ada isi kandungan yang sfesifik dan unik akan mudah di cari SEO berbanding blog umum. Namun begitu Search engine juga akan ambil kira tajuk yang sesuai keyword untuk mendapat carian yang tepat dan blog anda berada di tangga teratas.
Selamat berblog

1 comment:

Terima Kasih, kerana memberi komen yang menarik. Minta Tulis nama anda.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...