Sep 8, 2013

Manfaat oligosakarida

 Manfaat oligosakarida, apakah  Manfaat oligosakarida
Manfaat oligosakarida meningkatkan populasi bifidobacteria dan menurunkan jumlah bakteria yang merugikan. . Oligosakarida (oligosaccharide) ialah polimer sakarida yang mengandungi sejumlah kecil komponen gula, juga dikenali sebagai gula ringkas. 

1. Bukti kajian menunjukkan Fruktooligosakarida (fructooligosaccharides) menguatkan bifidobakteria di dalam perut serta meningkatkan penghasilan asid lemak berantai pendek, telah meningkatkan tumpuan kepada oligosakarida. Oligosakarida terasing kini boleh didapati untuk aplikasi ke dalam makanan fungsi dan telah ditambah ke dalam makanan kesihatan dan produk tenusu serta pencuci mulut. Ujian klinikal masih dijalankan untuk mencatatkan ciri-ciri kesihatan dari oligosakarida.

2. Oligosakarida juga berfungsi dalam menurunkan pembentukan metabolik toksik dan enzim yang merugikan.

3. Oligosakarida mencegah pertumbuhan bakteria patogen. Penurunan metabolit toksis oleh oligosakarida atau konsumsi bifidobakteria (probiotik) akan meringankan beban bahan toksik dalam hati.

4. Oligosakarida juga menurunkan kadar kolesterol dalam darah dan tekanan darah dan mempunyai kesan anti kanser.


http://proright.cpintrass.com/ 

apakah Oligosakarida

Oligosakarida merupakan gabungan dari molekul-molekul monosakarida yang jumlahnya antara 2 (dua) sampai dengan 8 (delapan) molekul monosakarida. Sehingga oligosakarida dapat berupa disakarida, trisakarida dan lainnya. Oligosakarida secara eksperimen banyak dihasilkan dari proses hidrolisa polisakarida dan hanya beberapa oligosakarida yang secara alami terdapat di alam. Oligosakarida yang paling banyak digunakan dan terdapat di alam adalah bentuk disakarida seperti maltosa, laktosa dan sukrosa.

Sering terjadi salah kaprah dalam mengenal definisi gula, karena umumnya gula bagi masyarakat adalah gula pasir. Padahal gula pasir adalah suatu disakarida. Molekul disakarida yang disusun oleh dua molekul monosakarida yang dihubungkan oleh ikatan glikosida.

Ikatan glikosida terjadi dari kondensasi gugus hidroksil dua molekul monosakarida, yaitu berasal dari gugus hidroksil dari atom Carbon yang pertama dengan salah satu gugus hidroksil pada atom karbon nomor 2, 4, atau 6, yang berasal dari monosakarida yang kedua.

Kita ambil contoh bagaimana sebuah α–D–Glukosa dan β–D–Glukosa membentuk disakarida, Pada kedua molekul ini ikatan glikosida atom karbon nomor 1 dari α- D-glukosa dan atom karbon nomor 4 dari β-D-glukosa lain. Ikatan yang terbentuk dinamakan ikatan 1- 4 glikosida, perhatikan Bagan 14.12. Secara umum reaksi ini dapat digambarkan dengan sederhana dengan pola reaksi berikut ini:

No comments:

Post a Comment

Terima Kasih, kerana memberi komen yang menarik. Minta Tulis nama anda.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...